Donald E. Weatherbee: sengketa China Selatan uji peran Indonesia

sengketa pada laut china selatan dan menggandeng china juga sederat negara asean menguji sejauh mana peran indonesia supaya mengembangkan solidaritas kawasan juga mencegah terjadinya eskalasi konflik.

sebagai ketua asean dalam 2011, indonesia terus memelihara visi sampai pembentukan komunitas asean (2015,red), namun kita ingin ambil apakah mampu membawa kawasan dalam sikap strategis koheren, juga kesatuan solidaritas politik untuk merupakan aktor asean selama menjaga keamanan kawasan, tutur peneliti politik dan hubungan internasional donald e. weatherbee.

donald e. weatherbee, profesor daripada university of south california, menungkapkan hal tersebut dalam pemaparan bertema kemajuan politik luar negeri indonesia yang diadakan lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) di jakarta, jumat.

hal ini merupakan tantangan agar indonesia pada meneruskan kegemilangan politik luar negerinya. weatherbee, yang lebih daripada empat dekade telah melakukan penelitian di seluruh universitas di asia tenggara, menyatakan kini upaya-upaya indonesia dan negara-negara asean untuk mencari jalan diskusi dengan china merupakan permintaan yang sangat rumit,

Informasi Lainnya:

anda kenal rumit menyaksikan fleksibilitas pergerakan maritim china yang seakan menyebutkan bahwa sudah tidak perlu banyak peraturan, katanya.

tidak sudah ada isu dan mendorong sengketa asean seperti ini, ucapnya menambahkan.

namun, dia memuji peran menteri luar negeri indonesia marty natalegawa yang cekatan berdiplomasi di pertemuan asean 2011 --saat diketuai kamboja-- sebab berhasil memperoleh persetujuan supaya memulai pembahasan laut china selatan. berdasarkan weatherbee, hasil pertemuan ketika tersebut menyelamatkan muka asean tapi pada masa bersamaan berhasil menjaga hubungan melalui china.

usaha terakhir marty, bisa menyelamatkan asean namun dan tidak menyerang china, katanya.

dia menambahkan, indonesia juga perlu mengingat tinggal semangat persatuan yang ditularkan pada asean dalam 1979, saat vietnam menginvasi kamboja terkait sengketa perbatasan selama thailand.

dia mengatakan, dalam saat itu asean melalui inisatif menteri luar negeri indonesia mochtar kusumaatmadja mengemukakan startegi garis depan dan memicu gerakan politik di bangkok serta bantuan militer untuk menyelasaikan permasalahan itu.

namun, sekarang saat china menantang filipina serta vietnam, mereka semisal disisakan asean dengan politik, katanya.

sekarang ada 10 anggota asean, yang mayoritas memliki perjanjian investasi dan hubungan menarik dengan china dibanding solidraitas asean, ujarnya.

indonesia serta asean kini tengah mendesak china agar mendiskusikan permasalahan di laut china selatan juga semua potensi ekonomi pada wilayah tersebut. konfrensi tingkat tinggi asean pada pekan ini dalam brunei darusalam menghasilkan kesepatakan untuk memikirkan pertemuan menlu china dan asean tahun ini pada beijing, china.