Korea Selatan-AS perpanjang kerja sama nuklir

korea selatan juga amerika serikat (as) sepakat memperpanjang kerja sama nuklir objek wisata damai pada dua tahun.

korea selatan berharap perpanjangan itu memungkinkan seoul memesan bahan bakar nuklir sendiri.

perjanjian dan ditandatangani pada 1974 tersebut akan berakhir tahun depan.

perpanjangan perjanjian disepakati untuk memungkinkan lebih banyak perundingan mengenai topik hangat yang memungkinkan korea selatan memroses ulang batang bahan bakar yang digunakan.

Informasi Lainnya:

kedua belah pihak mencapai kesepakatan ternyata terkait upaya mengubah kesepakatan dan ada selama dua tahun dengan alasan mereka membutuhkan lebih ada waktu, tutur juru bicara kementerian luar negeri cho tai-young seperti dikutip afp.

korea selatan berpendapat pihaknya usah memproduksi bahan bakar nuklir sendiri supaya memenuhi pemakaian 23 reaktor dan menawarkan sepertiga daripada kebutuhan energi dan menguras stok batang bahan bakar bekas yang dikatakan sudah mencapai kapasitas penuh.

amerika serikat telah menolak melalui alasan proliferasi, sebab pengolahan terserah menghasilkan cadangan plutonium terpisah dan kemudian dapat diperkaya ke tingkat dan memadai agar senjata.

korea selatan sudah memberi usul bidang pemrosesan pyro, teknik masih dan dianggap kurang kondusif supaya proliferasi karena menyisakan plutonium terpisah yang bercampur melalui senyawa fisil aman.

topik dan memungkinkan korea selatan untuk memproduksi bahan bakar nuklir sendiri adalah lebih serius seiring dengan upaya korea utara mendorong program senjata nuklirnya.

hal tersebut telah mengakibatkan meningkatnya seruan dari kelompok minoritas berpengaruh dalam korea selatan agar negara itu dapat melakukannya sendiri daripada selalu bergantung selama payung nuklir as.