Nasi jaha 10.000 meter masuk rekor MURI

penyajian nasi jaha (kuliner tradisional) sepanjang 10.000 meter pada kota ternate, maluku utara (malut) selama jumat sore, berhasil masuk rekor muri (museum rekor dunia indonesia) supaya kategori penyajian nasi jaha terpanjang.

tim daripada muri dan menggarap penilaian penyajian nasi jaha sepanjang 10.000 meter itu menungkapkan sah masuk rekor muri untuk kategori nasi jaha terpanjang, tutur wakil wali kota ternate arifin djafar selama ternate, jumat.

penyajian nasi jaha sepanjang 10.000 meter tersebut diletakkan melalui cara sambung-menyambung selama atas tiang penyangga melalui menyusur jalan protokol di kota ternate mulai dari bandara babullah ternate sampai kantor dprd kota ternate melalui mengisi sebanyak 12.780 ruas bambu nasi jaha.

arifin dan dan ketua panitia festival legu gam menyampaikan, penyajian nasi jaha sepanjang 10.000 meter itu merupakan salah Salah satu daripada model festival legu gam 2013 untuk mempromosikan nasi jaha itu dijadikan kuliner khas ternate.

Informasi Lainnya:

nasi jaha tadi dan masuk selama rekor muri itu dibiarkan diperebutkan dengan penduduk. ini ada kandungan pesan bahwa para pemangku kepentingan di daerah serta bangsa ini kiranya saat ini baru banyak masyarakat yang mesti berebut supaya mendapatkan makan, ujarnya.

penyajian nasi jaha sepanjang 10.000 meter itu mengundang perhatian ribuan penduduk dan wisatawan. mereka sejak jumat siang berdesak-desakkan ditepi jalan dan menjadi rute penyajian nasi jaha walaupun sempat diguyur hujan.

seorang warga bernama ramin mengaku sangat tertarik melalui penyajian 10.000 meter itu karena selain menarik, dan akan menikmatinya sebab nasi jaha dan sebelumnya disemayamkan di kedaton kesultanan ternate itu diyakini memiliki berkah.

nasi jaha bahan bakunya berupa beras ketan, santan, daun pisang muda dan bambu. proses pembuatannya beras dimasukan selama Satu ruas bambu yang telah dilapisi daun pisang muda lalu diisi melalui air santan kelapa seterusnya dibakar di atas bara api hingga matang.