Toyota Karawang minim serap lulusan SMK lokal

pt toyota motor manufacturing indonesia kabupaten karawang, jawa barat, baru minim menyerap tenaga kerja dari lulusan sekolah menengah kejuruan lokal sebab keterampilan lulusan smk karawang kurang memenuhi standar perusahaan tersebut.

pada dasarnya kami berkomitmen memberi kesempatan seluas-luasnya pada alumni smk yang banyak di karawang. akan tetapi kami memiliki standar keterampilan dan sudah ditetapkan, papar doddy irawan, section head community relations community development pt toyota motor manufacturing indonesia (tmmin), dalam karawang, selasa.

dikatakannya, meskipun telah dibuka kesempatan yang luas bagi alumni smk yang banyak dalam karawang agar bergabung dalam pt tmmin, baru cukup minim mereka dan berhasil masuk ke perusahaan tersebut. karena dilihat daripada ketrampilannya, mereka tidak mengikuti standar dan telah ditentukan.

ia menyontohkan, di proses perekrutan karyawan pt tmmin 6 april 2013, terdapat 400 pihak dan merupakan alumni smk dan ada selama karawang. mereka dan registrasi tersebut adalah lulusan siswa smk pasling baik dan dikirim dengan masing-masing sekolah.

Informasi Lainnya:

berdasarkan melalui seleksi perekrutan, kata dia, hasilnya tak menunjukkan hal-hal dan menggembirakan. dari ratusan audien yang registrasi tersebut, hanya 20 pihak dan berhasil diterima dijadikan karyawan.

prosentasenya berarti amat kecil. kondisi tersebut menunjukkan nilai pendidikan kejuruan pada karawang masih rendah. padahal, kami harapkan angka lulusan smk pada karawang yang diterima selama pt tmmin lebih ada, tutur dia.

manager general affair division dapertemen community relation pt tmmin teguh wahyu menungkapkan, proses perekrutan karyawan di perusahaannya diselenggarakan segera dengan konsultan independen yang memiliki standar. karena tersebut, pihak perusahaan tak dapat mengintervensi hasil perekrutan karyawan itu.

menurut dia, supaya lebih memperbaiki penyerapan tenaga kerja lulusan smk karawang di pt tmmin, diselenggarakan peningkatan skill kepada para siswa smk dengan web training dan magang selama 3-6 bulan selama perusahaan tersebut.

training tersebut juga diberikan kepada kaum guru makanya mereka dapat menularkan kemampuannya kepada siswanya. dengan begitu diharapkan kemampuan mereka mampu pas standar dan ditetapkan toyota.

manager head community relations community development pt tmmin yanuarto widi handoko menungkapkan, selama tahun ini pt tmmin menerima karyawan masih agar menghabiskan tenaga operator sebanyak 2.500 pihak.

ia mengakui tenaga operator tersebut lebih banyak berasal daripada luar karawang karena daripada sisi ketrampilan, mereka lebih unggul.

karena itu, ia berharap untuk siswa smk pada karawang dapat menambah ketrampilannya, makanya ke depan tenaga operator pt tmmin itu mampu diisi para alumnni smk karawang.