Jepang usir paksa jika warga China mendarat di pulau sengketa

perdana menteri jepang shinzo abe bertekad dalam selasa akan mengusir melalui paksa semua penduduk china yang mendarat di pulau-pulau yang adalah sengketa teritorial kedua negara itu sesudah delapan kapal pemerintah china berlayar ke perairan sengketa.

bentrokan paling akhir atas kepulaun tersebut menaikkan ketegangan diplomatik saat hampir 170 anggota parlemen jepang mengunjungi kuil suci perang yasukuni selama tokyo tengah, dilihat untuk simbol imprialisme berlalu jepang. china dan korea selatan, dua negara tetangga jepang, menyimpan gusar atas penampilan tersebut.

tokyo memanggil duta besar china untuk jepang setelah kapal-kapal milik china memasuki perairan teritorialnya sedangkan beijing menyebut kunjungan ke kuil itu sebagai Salah satu upaya-upaya supaya menepis sejarah agresi jepang.

konvoi kapal china tersebut adalah dan terbesar berlayar ke perairan dan adalah sengketa di Satu hari dari tokyo menasionalisasi bagian daripada gugusan pulau itu pada september 2012.

Informasi Lainnya:

pulau-pulau tersebut dikelilingi oleh kawasan-kawasan yang kaya ikan juga diyakini mengandung sumberdaya alam yang sulit selama dasar laut.

pm abe bertekad hendak mengusir paksa tiap warga china yang mendarat pada pulau-pulau itu dalam laut china timur dan berjanji mengambil aksi membuat.

kami takkan pernah membiarkan banyak aksi supaya mendarat, papar abe terhadap parlemen menjawab pertanyaan daripada kaum anggota, juga menambahkan,lumrah apabila kami mengusir melalui paksa jika (banyak masyarakat china) mencoba mendarat.

kapal-kapal china beberapa kali berlayar dalam kurang lebih lima pulau dan dikuasai jepang selama pilihan bulan belakangan yang memicu benetrokan diplomatik.

kapal-kapal maritim china yang menggarap pemantauan memasuki zona 12 mil laut dalam luar kepulauan tersebut, yang china menyebutnya diayou juga jepang menyebutnya senkaku, di senin pagi (08.00 waktu setempat), kata penjaga pantai jepang.

delapan kapal itu mempunyai wilayah itu kurang lebih pukul 19.15, tutur markas penjaga pantai ragional dan dikutip jiji press.

sangat disayangkan dan tidak bisa diterima kiranya kapal-kapal pemerintah china berulang-ulang memasuki perairan jepang, tutur kepala sekretaris kabinet jepang yoshihide suga.

sekelompok nasionalis jepang menungkapkan negara tersebut mengirim sembilan kapal ke kawasan sekitar pulau-pulau tersebut yang juga diklaim oleh taiwan.