Dua Uskup Ortodoks diculik di Suriah utara

kelompok bersenjata menculik dua uskup di desa provinsi aleppo, suriah utara, tutur kantor berita sini di senin malam.

kelompok teroris bersenjata dalam hari ini menculik uskup yohanna ibrahim, kepala gereja ortodoks suriah (dalam aleppo), serta uskup boulos yaziji, kepala gereja ortodoks yunani (di aleppo) saat mereka malakukan aktifitas kemanusian pada desa kafr dael, provinsi aleppo, papar kantor berita itu.

para teroris menghadang kendaraan kedua uskup itu selama desa kafr dael, mengeluarkan sopir daripada kendaraan itu serta menculik kaum uskup itu , tambahnya.

ketika dihubungi afp, sumber-sumber di daerah keuskupan ortodoks yunani menolak menyerahkan komentar tentang insiden tersebut.

Informasi Lainnya:

para masyarakat kristen aleppo dan dihubungi afp mengatakan ibrahim naik kendaraan pergi menjemput yaziji dari bab al-hawa melintasi perbatasan turki, dan berada selama kekuasaan pemberontak.

mobil itu dicegat pada perjalanan pulang oleh pria-pria bersenjata yang menculik kedua uskup tersebut juga membunuh sopir mereka, kata masyarakat dan tidak bersedia namanya disebutkan.

penculikan-penculikan kian meningkat di suriah akan tetapi hukum juga ketertiban berantakan akibat meluasnya konflik antara pemberontak dan pasukan pemerintah presiden bashar al assad.

para aktivis dan grup hak asasi manusia menungkapkan kelompok-kelompok minoritas termasuk kristen umumnya rentan kena serangan.

jumlah masyarakat kristen sekitar lima persen daripada warga suriah serta mereka tetap sebagian besar netral serta mendukung pemerintah dari pemberontakan pada pemerintah meletus maret 2011.

tetapi oposisi suriah juga tergolong anggota terkemuka kristen george sabra, benar pembangkang diangkat dibuat ketua tetapi koalisi nasional suriah yang oposisi senin.